B.
Visi, Misi dan Tujuan Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Huda
Sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan dan
Acuan operasional penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan maka, Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Huda
disusun untuk memungkinkan penyesuaian
program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di Madrasah Ibtidaiyah
Roudlotul Huda sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan
perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya
menyangkut: (1) Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (2) globalisasi
yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas
sektor serta tempat, (3) era informasi,
(4) pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia,
(5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, (6) dan
era perdagangan bebas.
Baca Juga : Profile Pondok Pesantren
Tantangan sekaligus peluang itu harus direspon
oleh sekolah melalui visi sekolah dan diharapkan semua stakeholders dapat menghayati dan bersama sama
mewujudkan visi tersebut.
1.
Visi :
Mewujudkan Sekolah
kompetitif, berkarakter dan berwawasan lingkungan dan bermutu serta menyiapkan generasi Islami, kompetitif, serta peduli
lingkungan.
Indikator Visi
a.
Memiliki system pengembangan kreatifitas yang berkelanjutan
b.
Memiliki kurikulum kreatifitas
c.
Memiliki Renstra (Rencana Strategis) 10 tahun
d.
Memiliki SOP (Standar Operasional prosedur) di Lingkungan Sekolah
e.
Memiliki pembinaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan secara
berkelanjutan
f.
Memiliki system rekrutmen tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang
sesuai standart
g.
Memiliki lingkungan sekolah yang
islami dan kondusif untuk belajar
h.
Memiliki panduan pembinaan aqidah dan akhlaqulkarimah bagi murid
i.
Memiliki panduanpembinaan menuju sikap kompetitif era globalisasi
j.
Memiliki panduan pembinaan dalam olimpiade-olimpiade
k.
Memiliki panduan pengembangan pembelajaran berbasis teknologi
l.
Memiliki panduan pembelajaran dengan SCEIJOLL (Student Creatif,
Efektif, Inovatif and Joyfullearning)
m. Memiliki panduan Pembelajaran yang menerapkan ketrampilan dan percobaan serta penelitian
n.
Memilikipanduan untuk mengembangkan life skill
o.
Memiliki panduan model multiple intelligence dalam pembelajaran
p.
Memiliki panduan pembinaan siswa peduli lingkungan hidup
q.
Memiliki panduan kurikulum Kelestarian Lingkungan hidup
0 Komentar