PROFILE MI ROUDLOTUL HUDA



PROFIL 
MADRASAH IBTIDAIYAH  ROUDLOTUL HUDA PURWOSARI
KEC. PADANG RATU KAB. LAMPUNG TENGAH
TAHUN PELAJARAN 2019/2020






   Jl. KH. Bustomil karim Purwosari 
   Purwosari  Padangratu lampung Tengah pos 34176










YAYASAN PONDOK PESANTREN ROUDLOTUSSHOLIHIN
MADRASAH IBTIDAIYAH ROUDLOTUL HUDA
PURWOSARI KEC, PADANG RATU KAB, LAMPUNG TENGAH
STATUS TERAKRIDITASI PERINGKAT B (BAIK)
BAN – S/M TAHUN 2010 . NSM: 111218020011   NPSN : 60705502
Alamat: JL,  KH Bustomil karim purwosari kec, padang ratu kab, lampung tengah


PROFIL MADRSAH IBTIDAIYAH ROUDLOTUL HUDA PURWOSARI


  1. DATA MADRASAH



  • Nama Madrsah :  MI. Roudlotul Huda 
  • Status :  Terakreditasi B, No: D/Kw/MI/LT/222/2010
  • NSS/M :  111218020011
  • NPSN :  60705502
  • Kampung :  Purwosari
  • Kecamatan :  Padangratu 
  • Kabupaten :  Lampung Tengah
  • Nama Yayasan :  Roudlotusholihin 
  • Tahun Berdiri :  1966
  • Pendiri :  KH. Bustholmil karim 
  • Status Tanah

  1. Milik Yaysan 
  2.   Luas Tanan 5.730; M2
  3.          Luas Bangunan 8.00; M2


  • Nama Ketua Komite :  H. Zainal Arifin
  • Nama Kepala Madrasah :  IMAM FAHRUDIN, S.Pd.I
  • No. Rekening :  
  • e-mail : mirdapurwosari@gmail.com
  • No.Telp. / Hp :  085266265377

    Purwosari, 30 September 2018
    Kepala Madrasah

    IMAM FAHRUDIN, S.Pd.I
    NPK : 



    A. Sejarah Berdirinya MI Rodlotul Huda
MI Roudlotul Huda didirikan oleh alumni Pondok Pesantren Roudlotussholihin Purwosari yang digagas dan dipelopori oleh seorang kyai yang bernarna KH. M. Jamaluddin Al-Bustomi pada tahun 1966.
MI Roudlotul Huda merupakan lembaga pendidikan yang bersifat independen walaupun dibawah naungan Pondok Pesantren, atas kegigihan dan semangat yang termotivasi sebagai pejuang oleh perintis, sehingga eksistensi dan kemajuan mulai nampak baik dari segi kualitatif  .dan kuaiititatif.
Pada taliun 1970 hingga 1975, jumlah siswa yang ada sekitar 135 siswa, kemudian pada  tahun 1976 hingga 1996 siswa meningkat hingga mencapai 335, bahkan sampai dengan tahun 2010 jumlah yang ada SLIdah mencapai 337 siswa.
Adapun mengenai fasilitas, pada tahun 1970 MI Roudlotul Huda masih menumpang di  Asrama Pesantren, dan pada tahun 1976 hingga kini, kegiatan belajar mengaiar sudah mempunyai gedung sendiri yaitu, dibangun diatas tanah seluas 0,5 Ha. Namun hingga kini keadaan gedung masih memperihatinkan dengan jumlah gedung 2 unit yang terdiri atas 12 lokal.
Pada thun 70-an status belajar Mi Roudlotul Huda menginduk ke KKM Metro, seiring dengan perubahan waktu, kini MI Roudlotul Huda menginduk  keGunung Sugih Adapun status MI Roudlotul Huda sekarang ini  sudah diakui dan terakreditasi.

B. Struktur Kepengurusan Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Huda Purwosari Tahun Pelajaran 2019/2020.
                                              
       


C. Visi, Misi dan Tujuan Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Huda
Sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan dan Acuan operasional penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan maka, Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Huda disusun  untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Huda sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut: (1) Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (2) globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, (3) era informasi,  (4) pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, (5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, (6) dan era perdagangan bebas. 
Tantangan sekaligus peluang itu harus direspon oleh sekolah melalui visi sekolah dan diharapkan semua stakeholders  dapat menghayati dan bersama sama mewujudkan visi tersebut.
Visi, Misi, Indikator Visi dan Tujuan Sekolah
1. Visi :
 Mewujudkan Sekolah kompetitif, berkarakter dan berwawasan lingkungan dan bermutu serta menyiapkan generasi Islami, kompetitif, serta peduli lingkungan.

  • Indikator Visi
  • Memiliki system pengembangan kreatifitas yang berkelanjutan
  • Memiliki  kurikulum kreatifitas
  • Memiliki Renstra (Rencana Strategis) 10 tahun
  • Memiliki SOP (Standar Operasional prosedur) di Lingkungan Sekolah 
  • Memiliki pembinaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan
  • Memiliki system rekrutmen tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai  standart
  • Memiliki lingkungan sekolah yang  islami dan kondusif untuk belajar
  • Memiliki panduan pembinaan aqidah dan akhlaqulkarimah bagi murid
  • Memiliki panduan pembinaan menuju sikap kompetitif era globalisasi
  • Memiliki panduan pembinaan dalam olimpiade-olimpiade
  • Memiliki panduan pengembangan pembelajaran berbasis teknologi
  • Memiliki panduan pembelajaran dengan SCEIJOLL (Student Creatif, Efektif, Inovatif  and Joyfullearning)
  • Memiliki panduan Pembelajaran yang menerapkan ketrampilan dan percobaan serta  penelitian
  • Memiliki panduan untuk mengembangkan life skill 
  • Memiliki panduan model multiple intelligence dalam pembelajaran
  • Memiliki panduan pembinaan siswa peduli lingkungan hidup
  • Memiliki panduan kurikulum Kelestarian Lingkungan hidup
2.      Misi

Membuat system pengembangan kreatifitas yang berkelanjutan
  • Membuat  kurikulum kreatifitas
  • Membuat Renstra (Rencana Strategis)
  • Membuat SOP
  • Melaksanakan pembinaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan
  • Melaksanakan rekrutmen tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai  standart
  • Mengembangkan lingkungan sekolah yang  islami dan kondusif untuk belajar
  • Melaksanakan pembinaan aqidah dan akhlaqulkarimah bagi murid
  • Membuat sistim pembinaan menuju sikap kompetitif era globalisasi
  • Melaksanakan dan mengikutsertakan dalam olimpiade-olimpiade
  • Membuat sistem pengembangan pembelajaran berbasis teknologi
  • Melaksanakan pembelajaran dengan SCEIJOLL (Student Creatif, Efektif, Inovatif    and Joyfullearning)
  • Melaksanakan Pembelajaran yang menerapkan ketrampilan dan percobaan serta penelitian
  • Membuat sistem untuk mengembangkan life skill 
  • Melaksanakan penilaian berbasis kelas dan kebutuhan
  • Melaksanakan model multiple intelligence dalam pembelajaran
  • Membuat sistem pembinaan siswa peduli lingkungan hidup
  • Membuat kurikulum Kelestarian Lingkungan hidup

3. Tujuan (6 Tahun)
  • . Tersedianya system pengembangan kreatifitas yang berkelanjutan
  • . Tersedianya  kurikulum kreatifitas
  • . Tersedianya Renstra (Rencana Strategis)
  • . Tersedianya SOP (Standar Operasional Prosedur)
  • . Terlaksananya pembinaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan
  • . Terlaksananya rekrutmen tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai  standart
  • . Terwujudnya lingkungan sekolah yang  islami dan kondusif untuk belajar
  • . Terlaksananya pembinaan aqidah dan akhlaqul karimah bagi murid
  • . Tersedianya  sistim pembinaan menuju sikap kompetitif era globalisasi
  • . Terlaksananya kegiatan mengikuti  olimpiade-olimpiade
  • . Tersedianya  sistem pengembangan pembelajaran berbasis teknologi
  • . Terlaksananya pembelajaran SCEIJOLL (Student Creatif, Efektif, Inovatif and Joyfullearning)
  • . Terlaksananya Pembelajaran yang menerapkan ketrampilan dan   percobaan serta penelitian
  • . Terlaksananya sistem untuk mengembangkan life skill
  •   Terlaksananya  model multiple intelligence dalam pembelajaran
  •   Tersedianya sistem pembinaan siswa peduli lingkungan hidup
  • . Terlaksananya kurikulum Kelestarian Lingkungan hidup
  • . Melengkapi  sarana dan prasarana pembelajaran
  • . Memelihara  prasarana pendidikan
  • . Menciptakan  lingkungan 7K (keamanan, ketertiban, kebersihan, keindahan, kerindangan,     kedisiplinan, kesehatan, dan kekeluargaan)
  • Merealisasikan upaya keamanan sekolah
  • Merealisasikan ketertiban di lingkungan sekolah
  • Merealisasikan kebersihan sekolah
  • Menjaga keindahan sekolah
  • Merealisasikan kerindangan pepohonan di lingkungan sekolah
  • Menegakkan kedisiplinan bagi setiap warga sekolah
  • Merealisasikan  UKS
  • Memelihara kekeluargaan
  • Mengembangkan  metode-metode penilaian pembelajaran yang autentik
  • Melaksanakan kegiatan penyusunan perangkat penilaian sesuai metode-metode penilaian berbasis kelas

  • Melaksanakan evaluasi di tingkat kelas dan sekolah
  • Merealisasikan sistem penilaian berbasis kelas 
  • Merealisasikan penilaian sekolah
  • Merealisasikan standar penilaian sesuai standar kopetensi lulusan



LAPORAN KEADAAN MI ROUDLOTUL HUDA
Keadaan madrasah pads   : Bulan Juli 2018
Nomor Statistik Sekolah : 1111218020011
Status : Terakreditasi (B)
No: D/Kw/MI/LT/222/2006.
Keadaan Bangunan : Permanen
Waktu Belajar : Pagi Hari
Status Gedun2 : Milik Sendiri

Bila dilihat dari sisi lain,umumnya masyarakat yang berminat dalam menyekolahkan putra-putrinya di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Huda sangat banyak. Hal ini karma terdorong adanya pendidikan non formal yang dikelola di naungan Pondok Pesantren Roudlotussholihin seperti Pengajian Al-Qur'an, Kitab Kining dan lain sebagainya. Rata-rata yang mendaftar setiap tahunnya  kurang lebih 60 siswa, sehingga lokal yang ditempati mencapai 2 lokal.

C. Pelaksanaan Proses Belajar dan Mengajar
1. Kurikulum
Adapaun Kurikulum yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Huda Adalah'
  • Kurikulum K13 Revisi tahun 2017
  • Kuri kulum yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam

Seiring dengan perkembangan zaman, kini Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Huda menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang kesemuanya itu dengan pertimbangan 55 % bidang umum
dan 45 % bidanIg studi agama.
2. Kegiatan Belajar dan Mengajar
A. Waktu Kegiatan Belajar dan Mengajar dilaksanakan pada pagi hari mulai pukul 07.30 Sd. 12.00
B. Tempat Belajar Kegiatan Belajar Mengajar dilaksanakan Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Huda setiap hari
menempat di gedung milik sendiri walao kondisinya memperihatinkan dengan jumlah gedung 2 unit dan
jumlah local belajar sebanyak 12 kelas yang masing-masing lokal mampu menampung sebanyak 32 siswa.
C. Kegiatan Belajar dan Mengajar meliputi kegiatan Kurikuler dan Ekstrakurikuler, dengan menggunakan
metode ceramah, diskusi, zanyajawab,bahkan langsung praktek dilapangan.

  1. Tenaga Pendidik

Tenaga Pendidik yang ada di Madrasah lbtidaiyah Roudlotul Huda sebagian ada yang,   lulusan S1, D3, D2, dan Alumni Pondok Pesantren.

Posting Komentar

0 Komentar